Memiliki batu mulia termahal memang bisa menjadi alternatif investasi yang menjanjikan untuk kamu. Kamu mungkin mengenal batu berlian sebagai perhiasan yang banyak dipakai untuk mempercantik sekaligus menambah nilai jual perhiasan koleksimu. Harga berlian yang terlampau mahal terkadang memang sulit dijangkau. Namun, ada juga batu mulia lainnya yang tak kalah cantik dan berharga seperti halnya berlian. Penasaran? Yuk cari tahu di sini!

Ruby

Bila perhiasan berlian dapat memancarkan kilauan warna bening yang berkilau, maka berbeda dengan ruby yang memancarkan warna merah khas yang sangat cantik. Umumnya, ruby memiliki gradasi warna merah, mulai dari merah delima hingga warna merah darah. Dengan ciri khasnya tersebut, batu ruby menjadi cukup diminati saat ini. Tak tanggung-tanggung, batu mulia ini bahkan dibanderol dengan harga hingga ratusan juta rupiah.

Safir

Tidak jauh berbeda dari perusahaan sebelumnya, batu mulia jenis safir mampu memberikan kesan mewah jika kamu memakainya. Batu ini memiliki warna hitam serta biru yang mempesona. Safir dikenal juga dengan nama batu nilam yang dapat memancarkan kilauan warna yang hampir menyerupai berlian. Bukan hal yang aneh jika masih banyak peminat batu mulia termahal ini di Indonesia.

Zamrud

Beberapa orang juga menyebut batu zamrud dengan nama emerald. Batu mulia yang satu ini memiliki gradasi warna hijau, mulai dari hijau muda hingga hijau tua. Batu zamrud dengan kualitas terbaik umumnya berasal dari Colombia. Peminat batu mulia ini pun cukup banyak di Indonesia meski harga jualnya masih menyentuh angka ratusan juta rupiah. Biasanya batu zamrud dipakai sebagai liontin untuk kalung.

Serendibite

Permata satu ini termasuk batu mulia berharga sangat mahal dari Sri Lanka. Batu ini terbentuk dari formulasi yang cukup kompleks, terdiri dari Aluminium, Kalsium, Magnesium, Boron, Silikon, dan Oksigen. Sejauh ini hanya ada tiga yang ditemukan, yang terdiri dari 0,35 karat, 0,55 karat dan 0,56 karat. Batu yang terkecil dari permata ini terjual dengan harga $14.300 atau setara dengan Rp200 juta per karat.

Painite

Batu mulia termahal selanjutnya bernama Painite. Memiliki warna jingga yang cantik, batu ini pernah dipercaya sebagai mineral paling langka di bumi. Mineralogis asal Inggris bernama Arthur C.D Pain bahkan menyebutkan hanya ada kurang dari 25 kristal yang ditemukan, namun akhir-akhir ini negara Myanmar tempat di mana batu ini berasal sangat giat untuk melakukan penambangan untuk mencarinya kembali. Harganya cukup fantastis, yaitu mencapai Rp700 juta.

Blue Garnet

Terakhir, Blue Garnet menjadi batu mulia termahal kedua setelah berlian. Batuan ini meski memiliki nama ‘blue’ ternyata juga ditemukan dalam berbagai warna lainnya, termasuk kuning, merah, oranye, hijau, ungu, coklat, hitam, merah muda serta ada pula yang tidak berwarna alias bening.

Batu mulia yang satu ini berharga sangat mahal karena memiliki kemampuan untuk mengubah warna, seperti dari biru ke hijau di siang hari dan menjadi ungu saat gelap yang diakibatkan dari jumlah vanadium yang relatif tinggi di dalamnya. Garnet biru dengan bobot 4,2 karat saat ini dibanderol dengan harga $6,8 juta atau lebih dari Rp90 miliar.

Itulah tadi enam batu mulia termahal di dunia yang bisa jadi investasi menjanjikan untuk kamu. Belum cukup modal untuk membeli aksesoris dengan batu-batu cantik tadi? Di TuTu & Co. kamu bisa memilih gelang batu alam yang tak kalah cantik dengan harga yang jauh lebih murah. Cukup menyediakan bujet ratusan ribu saja, kamu sudah bisa mengoleksi berbagai gelang batu mulia yang mempercantik penampilanmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *