Tali jam tangan menjadi salah satu faktor penting yang harus kamu perhatikan sebelum memutuskan untuk membeli jam tangan. Terlebih saat ini sudah banyak inovasi tali jam tangan yang bisa dengan mudah kamu jumpai di pasaran. Berbagai jenis bahan tali jam tangan ini juga bisa kamu sesuaikan dengan outfit serta kegiatan yang akan dilakukan. Untuk itu, kenali jenis bahan tali jam tangan supaya kamu tetap bisa tampil fashionable kapan saja dan di mana saja.

Bahan Leather

Salah satu bahan pembuat tali jam tangan yang banyak disukai adalah yang terbuat dari kulit ini. Bahkan, kamu bisa menemukan beragam motif dan warna unik dari jam tangan kulit yang cocok dipakai untuk segala gaya berbusana. Sayangnya, bahan kulit pada tali jam tidak cocok bagi kamu yang sering berkeringat atau sering kontak dengan air. Hal ini dikarenakan tali jam tangan kulit ini mudah berbau saat berada dalam kondisi lembap.

Bahan Kanvas

Tali jam tangan yang satu ini terbuat dari bahan nilon yang banyak digunakan pada aksesori militer. Kelebihan jam tangan berbahan ini adalah lebih awet dengan bobot yang ringan sehingga nyaman digunakan saat beraktivitas. Selain itu, tali jam tangan bahan kanvas tersedia dalam berbagai varian warna yang menarik. Sayangnya, bahan nilon ini juga seperti bahan kulit yang menyerap air/keringat sehingga akan menimbulkan bau tidak sedap saat lembap.

Bahan Rantai (Steel)

Bahan rantai terbilang lebih kuat dan tahan banting dengan tekstur yang kokoh dan mulus. Jam tangan dengan tali berbahan rantai atau steel ini cocok digunakan saat formal maupun kasual. Menariknya, tali dengan bahan ini pun lebih nyaman sehingga kamu tak perlu takut rusak bila tali jam tangan ini terkena air. Akan tetapi, kamu perlu rajin mengelap agar jam tangan bahan rantai tetap mengkilap dan tidak mudah kusam.

Bahan Keramik

Jika dilihat sepintas, tali jam tangan berbahan keramik ini hampir mirip dengan jenis bahan rantai yang telah dijelaskan sebelumnya. Bedanya, jam tangan dengan bahan ini lebih ringan sehingga cocok untuk kamu yang memiliki ukuran pergelangan tangan lebih kecil dari orang-orang pada umumnya. Tali jam tangan bahan keramik juga memiliki desain yang lembut dan elegan sehingga sering dipakai oleh perempuan.

Bahan Karet (Rubber)

Untuk kamu yang suka berolahraga, jam tangan berbahan karet ini sangat nyaman digunakan selama beraktivitas. Tali jam tangan yang terbuat dari karet ini tidak mudah kotor dan berubah warna meski kamu berkeringat. Tak hanya itu, jam tangan sporty ini juga tahan air sehingga aman digunakan di luar ruangan, terlebih saat musim hujan. Namun, tidak semua bahan rubber cocok untuk semua kulit. Pastikan kamu memilih kualitas yang terbaik sehingga aman untuk kulitmu.

Bahan Kayu

Jam tangan kayu merupakan produk handmade yang unik dan baru saja populer di Indonesia beberapa waktu belakangan ini. Secara tampilan, jam tangan kayu memiliki tekstur, serat, dan warna yang bagus. Selain itu, di samping menggunakan bahan alami, kayu yang digunakan untuk membuat tali jam tangan juga diambil dari sisa kayu dari produk lain sehingga benar-benar ramah lingkungan, seperti produk jam tangan kayu TuTu&Co. yang trendi dan fashionable.

Jadi, jam tangan mana yang akan jadi pilihan kamu? Jangan lupa sesuaikan juga dengan outfit yang kamu kenakan. Semoga bermanfaat!