Membersihkan strap jam tangan tak boleh dilakukan sembarangan. Kamu harus membedakannya sesuai dengan jenis agar tak membuatnya rusak saat dibersihkan. Yuk, ikuti tips membersihkan strap jam tangan di bawah ini. Semuanya bisa kamu lakukan sendiri di rumah!

Membersihkan strap jam tangan berbahan metal

Salah satu jenis bahan yang kerap digunakan sebagai strap jam tangan adalah metal. Bahan jenis ini terkenal awet dan harganya tak terlalu mahal untuk beberapa jenisnya. Sayangnya, metal termasuk salah satu strap jam yang kerap rusak bila tak dijaga dengan benar. Tentunya kamu tak mau hal ini terjadi, bukan? Untuk itu gunakan cara berikut untuk membersihkannya.
Pertama, siapkan kain pembersih, bisa menggunakan kain pembersih kacamata dan sikat gigi, kalau bisa yang berbulu sangat halus. Kedua, campurkan beberapa tetes sabun cair ke dalam air hangat dan aduk hingga berbusa. Kemudian, lepaskan strap jam tangan metal tersebut dari dial-nya dan gosokkan kain pembersih pada strap tersebut. Setelahnya, masukkan strap jam metal ke larutan sabun dan gosok dengan sikat gigi tersebut hingga bersih. Bila sudah cukup bersih, angkat dan lap kembali dengan kain yang sudah ada sebelumnya.
Bila kamu menggunakan strap jam berbahan emas, sebaiknya tak menggunakan sikat gigi. Gunakan saja jarimu untuk menggosok bagian yang perlu dibersihkan. Kemudian, keringkan dengan cara yang ada di paragraf sebelumnya.

Membersihkan strap jam tangan berbahan kulit

Untuk strap jam tangan berbahan kulit, kamu bisa menggunakan cairan atau gel pembersih kulit yang sudah dibeli sebelumnya. Jangan lupa juga menggunakan lap kacamata untuk mengelap cairan tersebut di strap jam kulit milik kamu. Namun, sebaiknya kamu tak asal pilih pembersih kulit karena beberapa jenis kulit tak cocok dengan pembersih tertentu. Untuk mencegah kerusakan, kamu bisa mencoba untuk meneteskan pembersih di ujung strap jam. Lihat reaksi dari bahan kulitnya, apakah makin kinclong atau malah membentuk noda.
Bila sudah cocok, kamu tinggal mengelapnya saja dengan cairan pembersih dan lap kacamata. Namun kamu tak sebaiknya melakukan ini terlalu sering. Pasalnya, pembersih bahan kulit memiliki kemampuan untuk merusak permukaannya bila digunakan terlalu sering. Gunakan sebulan sekali saja. Bila terlalu kotor, kamu bisa mengelapnya dengan lembut menggunakan lap kacamata yang kamu miliki.

Membersihkan strap jam tangan yang memiliki bahan kulit premium

Beberapa jam tangan memiliki strap berbahan kulit premium seperti kulit kerbau atau kulit buaya. Untuk membersihkan strap jam tangan yang seperti ini, kamu membutuhkan bahan pembersih khusus kulit premium. Umumnya dijual di toko jam atau toko online, namun kamu tetap disarankan untuk membelinya di tempat kamu membeli jam yang kamu miliki atau dari dealer resmi jam milikmu agar tidak salah pilih dan justru merusak bahan kulit premium tersebut. Setelahnya, kamu tinggal melakukan pembersihan seperti pada strap kulit yang ada di poin sebelumnya.

Kalau kamu takut untuk membersihkannya sendiri, kamu bisa membawanya ke para profesional untuk membuatnya jadi seperti baru kembali. Saat ini sudah banyak tempat yang menyediakan layanan pembersihan strap jam tangan dengan harga terjangkau.

Inilah ragam cara membersihkan strap jam tangan yang perlu kamu ketahui. Agar tak salah dalam melakukannya, kamu bisa menghubungi tempat kamu membeli jam tersebut terlebih dahulu. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *