Kacamata frame kayu tentu membutuhkan perawatan khusus agar awet dan dapat dikenakan dalam waktu yang cukup lama. Sayangnya, banyak orang beranggapan bahwa kacamata frame kayu sulit dibersihkan sehingga lebih mudah rusak jika dibandingkan dengan kacamata yang terbuat dari bahan lainnya, seperti stainless steel atau plastik. Padahal, kacamata frame apapun membutuhkan perawatan yang ekstra terutama dalam hal kebersihan.

Nah, untuk memecahkan anggapan yang salah tentang kacamata frame kayu, ikuti tujuh tips ampuh yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan kacamata kayu yang sedang kekinian di Indonesia tersebut. Chek this out!

Gunakan minyak atau wax khusus kayu

Hal yang menarik dari kacamata frame kayu ini adalah kamu tetap mendapatkan penampilan yang menarik dan anti pudar, berbeda dengan kacamata berbahan stainless steel atau plastik yang bisa memudar seiring berjalannya waktu. Kacamata frame kayu ini lebih mudah dibersihkan, lho! Cukup oleskan minyak atau wax khusus kayu, hanya dengan beberapa tetes serta gosokan lembut dengan kain, kamu bisa mendapatkan kilau alami dari kacamata frame kayu ini.

Sediakan kuteks bening

Selain dapat dibersihkan dengan menggunakan minyak atau wax khusus kayu, kamu juga bisa menggunakan kuteks bening sebagai cairan pembersih kacamata frame kayu. Tuangkan beberapa tetes cairan kuteks bening tersebut pada bagian baut kacamata, lalu oles dengan kuas dan kamu bisa mendapatkan penampilan prima seolah kacamata kayu tersebut baru saja dibeli dari toko.

Jangan lupa bersihkan lensa!

Lensa adalah bagian terpenting dari kacamata frame kayu yang juga harus dijaga kebersihannya. Gunakan cairan khusus untuk membersihkan lensa yang tersedia di optik-optik dalam bentuk botol spray kecil. Saat menggunakan, sebaiknya jauhkan semportan spray dari gagang kacamata kayu agar tidak terkena cipratan cairan pembersih tersebut. Bersihkan lensa kacamata menggunakan kain khusus atau microfiber agar permukaan kaca terhindar dari goresan.

Pastikan kacamata selalu dalam keadaan kering

Sebaiknya jauhkan kacamata kayu dari tempat yang basah serta percikan air hujan. Namun, jika gagang kacamata kayu terlanjut basah, segera lap menggunakan kain yang lembut. Gunakan kain dalam kondisi sedikit basah dan segera keringkan dengan kain bersih yang lain sesudahnya. Cara ini efektif untuk mencegah noda bekas bercak-bercak air menempel pada kacamata frame kayu.

Simpan kacamata kayu dengan benar

Setelah kacamata frame kayu dibersihkan dengan sempurna, kamu perlu menyimpannya dengan benar. Pastikan untuk selalu menggunakan kotak kacamata sebagai wadah penyimpanan yang aman. Pasalnya, kontur dari kotak kacamata memang didesain untuk penyimpanan yang paling ideal terhadap kacamata berbahan kayu.

Lebih lanjut, simpan kotak kacamata pada posisi yang aman, seperti dalam lemari atau di atas meja yang tidak mudah jatuh. Usahakan kacamata frame kayu tersimpan dalam suhu ruangan sejuk dan tidak terlalu panas atau kering untuk mencegah kerusakan pada kayu. Hindari menyimpan kacamata kayu di tempat yang lembap sebab akan memicu munculnya jamur yang dapat mengurangi kekuatan dari frame kayu itu sendiri.

Membersihkan kacamata frame kayu tidaklah sulit, bukan? Mulai sekarang kamu bisa mempraktikkan cara-cara membersihkan kacamata kayu yang sudah dijelaskan tadi di rumah. Dengan menjaga kebersihan, kacamata frame kayu ini bisa berumur lebih panjang sehingga awet dan tahan lama untuk dipakai hingga lebih dari lima tahun ke depan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *